Health · Parenting

Waspadai Efek Samping Gadget Terhadap Postur Anak

Mungkin ada di antara kita yang sudah mulai deg-degan soal “memisahkan” anak dari gadget kesayangan mereka. Gak sedikit kita lihat anak yang kemana-mana lengket dengan tablet ataupun handphone-nya. But… to be frankgadget ini bisa menjadi media untuk Ibu tetap waras, me-time, sementara si gadget menjadi “baby sitter paling setia” too keep our kids calm.

Gak selamanya gadget itu buruk moms, buat saya ini menjadi media Celina belajar bahasa, belajar bernyanyi dan menari, dan lainnya atau buat sebagian ibu mungkin percaya sooner or later kids have to learn to be a tech-savvy.

Stay easy moms, setelah anak bisa lancar berbicara, up to two hours is quite safe. Saya juga menerapkan batas screen time ini bagi iPAD celina.

Nah, namun kita juga perlu mewaspadai efek samping dari gadget ini, terhadap kesehatan anak kita lhoo. Salah satu yang paling sering adalah terhadap postur tubuh anak dan mata anak.

***Bad Posture, Back Aches, Neck and Shoulder Strain

credit : healthhub.sg

ini gambaran yang mudah sekali terlihat, figur anak saat membungkuk menghadap tabletnya. Dannnn, posisi ini menetap walaupun anak tidak sedang menggunakan gadgetnya.

Pretty soon, that hunch is there even when the device isn’t.

dan lebih parahnya lagi, otot-otot pada punggung dan pundak anak pun mulai kaku dan nyeri. Posisi duduk yang gak nyaman, tempat duduk yang tidak ergonomis, duduk dan membungkuk dalam waktu yang lama, ini semua berkontribusi pada hal tersebut.

***Eye strain atau ketegangan mata

credit : healthhub.sg

Mata kering, burning sensation, sulit untuk fokus, ini adalah gejala eye strain yang paling sering ditemukan pada semua pengguna gadget.

Cahaya yang terang, kontras layar yang tinggi, gambar yang silau dan kerlap-kerlip yang membuat game dan video menarik, tapi bener-bener gak baik buat mata kita. Dan memicingkan mata pada layar juga malah ternyata menambah ketegangan pada mata kita lho.

Ngeh, gak klo anak nonton youtube seru serius banget sampai gak kedip, dan hal ini juga makin memperparah keadaan mata anak.

 

***Treatment Gadget Holic

Nah, lucky me beberapa waktu lalu aku dan Celina kebagian nyobain treatment gadget holic dan mereview di Mom n Jo dari Clozette Indonesia. Aku mencoba treatment ini di Mom n Jo Dharmawangsa.

seru banget di ruangan Mom n Kids, dapet kimono kembaran

Treatment ini difokuskan dengan memberikan pijita-pijitan pada area postur yang di gunakan saat menggunakan gadget. Treatment ini dapat menghilangkan ketegangan dan keluhan di sekitar leher, punggung, bahu, mata, dan kepala yang diakibatkan posisi yang membungkuk dalam durasi yang lama saat pemakaian gadget.

Tidak hanya pijatan pada tubuh, didalam treatment gadget holic ini juga terdapat treatment eye strain. Treatment yang memberikan totokan dan pijatan pada area mata dan wajah, dapat menurunkan mata minus dan gangguan mata lainnya.

Menurut terapis yang handle aku dan Celina, ini dapat memperbaiki postur tubuh anak-anak maupun remaja yang bungkuk, juga yang telah terpapar gejala ilusi (khayal), jika treatment ini dilakukan secara berkala. Termasuk juga pada orang dewasa, yang sering duduk dan bekerja didepan laptop atau computer lhoo.

Terapis mom n jo, super de best sih. Sudah ramah, dan endessss banget pijetannya. hahahaha. Buktinya waktu treatment kemarin Celina sukses tidur lelap lhooo (videonya pasti udah liat dong di instagram aku). Gak heran sih, karena terapi-terapis disana memang sudah tersertifikasi dan memang ahli di bidangnya, berstandar internasional.

celina sukses tertidur lelap

Special untuk para pembaca dan followers setia aku. Kamu bisa mendapatkan voucher potongan sebesar 100.000 (yeaaayyy you read it right dear!!!) hanya dengan menunjukan postingan blog ku ini ke front liner Mom n Jo, dan ini berlaku baik untuk treatment gadget holic, dan juga treatment lainnyaaaa. Kewl banget kan, cuss langsung hubungi Mom n Jo terdekat-mu (yes, berlaku disemua cabang) dan reservasi minimal H-2 sebelum waktu kedatangan ya moms. *T&C apply.

 

Info lebih lanjut:

website : www.momnjo.com

instagram : @momnjo @momnjopromo

 

cheers,

 

@annisaramalia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.