Beauty Talks · Health · Parenting · Uncategorized

My pregnancy, and how to feel happy and protect it.

Halo moms,

 

 

Banyak yang bilang Ibu yang bahagia, membawa kebahagiaan untuk Suami, Anak dan keluarga menjadi bahagia.

Buat aku bahagia itu sederhana, Suami yang supportive dan bekerjasama dalam kegiatan dirumah seperti parenting. Anak sehat, happy, dipeluk dan dicium sayang sama anak dan suami. Itu adalah kebahagiaan yang tidak terhingga buat aku.

Kebahagiaan pun makin berasa saat aku positif hamil anak yang kedua. Berucap sukur bersama suami yang tidak ada habisnya, saat yang ditunggu-tunggu itu hadir di dalam tubuh aku. (Buat yang sudah follow ig pasti tau deh Celina sudah minta adik sejak lama)

Hamil pertama dan kedua ini sama bahagianya buat aku. Pregnancy is the most beautiful period in my life. Semua rasa campur aduk, seneng, bahagia, harap-harap cemas. Dan aku dapat extra attention yang membuat aku merasa makin spesial.

Berencana hamil, atau saat kehamilan penting to keep yourself happy. Bagaimana? it is entirely up to you.

It is essential to be happy & feel joyful while pregnant, as your emotional well-being directly affects baby’s neurological & psychological development. Studies have indicated that more happy pregnant women are, the more they are likely to deliver a healthy baby.

Tapi bagaimana sih resep buat stay happy? Kita semua pasti tau, situasi disekitar ibu hamil bisa berubah drastis, bahkan mood swing karena hormon strike bisa membuat kita si Ibu hamil gak happy.

Selain perubahan hormon kehamilan yang membuat mood Ibu hamil up and down, hormon ini juga membuat perubahan perubahan pada tubuh Ibu Hamil. Kehamilan kedua ini, saya tidak se-mual yang pertama saat hamil Celina, tapi yang kali ini my things down there, sering kali gatel sekaalliii, mudah lembab dan jadi gak nyaman huhu.

Balik lagi deh soal happy, karena sempet ga nyaman ini, pengaruh banget ke mood ku. Males banget ngapa-ngapain huhuu, termasuk soal sama suami.

“This is a very common symptom during pregnancy,” says Jennifer Keller, MD, assistant professor in the Department of Obstetrics and Gynecology at The George Washington University School of Medicine & Health Sciences.

Gejala ini sering dialami oleh wanita hamil lho, ini disebabkan meningkatnya cairan vagina selama kehamilan. Nah ini dapat menyebabkan iritasi pada vagina. So, ini bisa aja karena peningkatan cairan, atau lebih seremnya lagi ini bisa terjadi karena infeksi seperti infeksi jamur misalnya.

Dr. Keller juga bilang, jaga vagina tetap kering dan aman juga untuk mencuci vagina bagian luar, dengan sabun-sabun kewanitaan yang banyak ditemukan di counter-counter, bagi infeksi jamur, tapi baiknya konsul ke dokter dulu ya untuk penegakan diagnosis, dan melihat apa penyebabnya ya.

Beruntung beberapa hari lalu saya bersama 25 teman-teman dari Indonesian Hijab Blogger diundang untuk menghadiri Arisan Resik di restauran Harlequin Bistro, Kemang, Mbak Yuna Eka Kristina selaku Senior PR Manager PT. Kino Indonesia Tbk, Dr Rino Bonti Sp.OG, dan Mbak Nadiah Fatimah seorang aktivis komunitas Lupus yang bercerita tentang “Pentingnya menjaga kesehatan organ intim kewanitaan”

WhatsApp Image 2017-10-20 at 11.14.27 PM

IMG_0218.JPG

IMG_0210

Di Arisan Resik ini Dr. Bonti menjelaskan secara detil tentang keputihan, penyebab dan bahayanya pada wanita. Pada kesempatan ini, aku juga langsung bertanya mengenai keluhan yang saya alami. (mumpung belum jadwal ketemu dsog aku hehe)

Menurut Dr. Bonti hal yang aku alami sering terjadi pada Ibu Hamil. So sangat penting untuk menjaga area kewanitaan tetap bersih dan kering. “Pemicu awalnya adalah kondisi organ intim yang lembab, sehingga menjadi media yang baik untuk jamur dapat tumbuh. Membersihkan area intim sebaiknya tidak menggunakan sabun karena bersifat basa. Lebih baik dengan air biasa atau menggunakan cairan khusus pembersih vagina dengan pH yang sesuai,” jelas dr. Bonti

IMG_0209

Nah, Resik V Godokan Sirih, aman untuk digunakan pada saat keputihan, untuk ibu hamil cukup menggunakannya dengan mencuci bagian luar vagina saja ya. Diamkan beberapa saat, lalu bilas.  Ga perlu khawatir, Resik V Godokan Sirih  dibuat secara alami, kandungan utamanya adalah godokan daun sirih asli, atau daun sirih yang direbus. Selain alami, resik V juga memiliki pH yang telah disesuaikan, dan juga telah mendapatkan sertifikat halal lho.

Mbak Yuna juga menjelaskan  “Uji klinis dan uji mikrobiologi menunjukkan daun sirih menghambat bakteri  jahat dan hasil uji mikrobiologi 100% menghambat jamur penyebab keputihan. Selain itu, Resik V Godokan Sirih juga menjaga PH normal area kewanitaan yaitu antara 3-4, serta menjaga keseimbangan flora normal,”

IMG_0231IMG_0244

Pulang dapet oleh-oleh Resik V godokan sirih deh, kemasannya travel-able, konsistensi cair, mungkin karena ini memang air rebusan, wangi sirihnya tidak bikin aku pusing. Anjuran dr.Bonti aku pakai 1 kali sehari saja, dan saat ini karena tidak ada keluhan lagi aku sudah cukupkan pemakaiannya. yeaayyy.

Oiya, aku juga mau share tips menjaga daerah kewanitaan nih, dari dr. Bonti:

  • Mengetahui organ reproduksi yang normal secara anatomi dan fisiologi
  • Jauhi dari zat-zat kimia yang berbahaya
  • Mencegah terjadinya penyakit menular seksual
  • Hindari penggunaan vaginal douching secara rutin atau tanpa indikasi
  • Cegah iritasi dan penggunaan bahan-bahan alergenik
  • Mengenali siklus haid yang normal dan segera mencari pertolongan apabila terdapat masalah
  • Bersihkan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau tissue bersih setelah buang air kecil dan buang air besar
  • Cara membersihkan yang benar (dari depan ke belakang-vagina ke anus dan bukan sebaliknya)
  • Memakai cairan pembersih khusus kewanitaan (feminine hygiene) dengan pH yang sesuai
  • Memakai pakaian dalam dari katun yang menyerap keringat dan bersih,menggantinya 3x sehari atau bila terasa lembab

 

semoga berguna, thank you for reading. I would be appreciate if you leave comment behind.

IMG_0196

cheers,

icha

find me on instagram: @annisaramalia

18 thoughts on “My pregnancy, and how to feel happy and protect it.

  1. Ini oke beneran kak? Temenku juga hormonal sih discharge nya.. Tapi karena dirumah doang mending rajin ganti dalaman sama lap lap tiap abis dari toilet aja kali ya..

  2. Bumil glowing sekaliiii… BTW jaman aku hamil dulu, sempet ngalamin juga keputihan parah gatel banyak pula hiksss… Sampe sejam sekali harus ganti dalaman/pantyliner. Udah sempet dikasi obat obgyn tapi bulan depannya kambuh lagi. Emang hormonal yaaaa… Untung udah lewat fasenya… Semoga bumil kehamilannya lancar aman nyaman yaaa 🙂

  3. Alhamdulillah yaa dapet ilmu baru di Arisan Resik kemarin.. banyak ilmu baru tentang kesehatan organ intim wanita, bekal buat nanti di share ke anak perempuan kita.. *elu sih gw belom. Lol

  4. Aku ngerasa beruntung jadi tahu info2 tentang keputihan di kehamilan karena di arisan resik kemarin ada teman2 yang hamil kayak Icha. Jadi kalau udah dikasih rezeki hamil udah bisa aware entar 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.