Beauty Talks · Uncategorized

[Review] My first attempt facial treatment that brighten up my Breakout skin, ZAP Clinic Photo Facial Treatment

Hello Mom Babes,

Sudah baca kan, post saya kemarin menganai “Super Acne”? Nah, saya sekarang mulai menghindari penggunaan krim malam racikan yang mengandung Antibiotik atau bahkan Antibiotik minum untuk wajah yang berjerawat.

Jujur kulit wajah saya termasuk yang kombinasi cenderung oily, dan acne prone skin type banget. So, saat saya sekali aja bandel, lupa hapus makeup dan langsung terlelap, langsung breakout, and about a couple of weeks ago, pimples kemerahan dan beberapa jerawat kecil, seperti komedo muncul dipagi harinya :(.

Yap, buat orang dengan kulit wajah yang acne prone skin, atau cenderung berjerawat, saya bener-bener harus put my dirty hands of my skin, even nge-“LAP” muka saat berkeringat dengan tangan aja semudah itu membuat kulit saya  berjerawat.

Okay, cukup mengenai sejarah singkat kulit yang gampang jerawatan hehe. Jadi karena breakout ini saya mencoba mencari solusi gimana mengatasinya, yang jelas saya gamau menggunakan Antibiotik minum dan krim racikan dari dokter kulit. So, saya mulai kembali rajin membersihkan muka, terutama setelah seharian makeup-an dan berada diluar rumah, dan saya memilih sabun dan toner dengan ph balance yang cocok untuk kulit saya (ph=5), dan juga yang mengandung Lipo Hidroksi Acid salah satu alternatif pereda jerawat diluar antibiotik. (next time saya share)

But sadly ini ga cukup, saya harus membersihkan kulit mati , komedo, dan jerawat yang merah-merah ini hiks :(. mungkin beberapa orang akan bilang, DO SCRUB siss!! or simply exfoliating, well it seems like the perfect way to cleanse and purify, but for most acne-prone skin, anything more than a teensy bit of exfoliation is way too much. what about facial? for me it is wayyyyy too much, hahaha i can’t stand the pain!!

Guess what, lucky me!! di sela-sela kegalauan breakout yang gak kunjung hilang, saya diundang keacara blogger gathering yang diadakan oleh ZAP Clinic. And VOILA!! ZAP Clinic, sekarang tidak hanya melakukan perawatan hair removal tetapi juga facial treatment lho.

Dulu jaman mau nikah dan takut sekali waxing karena sakit, ZAP Clinic menjadi pionir  painless hair removal. Nah sekarang facial treatment by ZAP Clinic? Semoga memberikan painless facial ya (harap saya saat itu)

Blogger Gathering  yang dilaksanakan di Djati Bistro and Drinkery, Oria Hotel itu, diisi dengan sharing session dan funtalk, dengan para speaker yang terdiri dari:

Fadly Sahab yang merupakan CEO dari ZAP, dr. Fika Putri Aesthetika B.Med.Sci.,MARS dan dr. Endi Novianto, SpKK yang merupakan tim dokter di ZAP Clinic, dan juga Paula Tambunan  yang merupakan pelanggan ZAP sekaligus blogger.

speaker-dr-endi-novianto-paola-tambunan-fadly-sahab-dr-fika-aesthetika
Here is the Fun Speaker, take a look at those smile on their faces
foto-bersama-para-blogger-dan-speaker
Para Blogger yang hadir pada acara blogger gathering ZAP, can you spot me? :))

Sharing session berlangsung seru banget, saya juga tidak mau menyianyiakan kesempatan untuk berkonsultasi mengenai masalah kulit saya. Para speaker baik Pak Fadly dan dr. Fika serta dr. Endi menjelaskan, ZAP terus berinovasi dengan memperbarui teknologi yang mereka gunakan utuk treatment kencantikan terbaru (no wonder ZAP Clinic mendapatkan Top Brand Award 2016), nah salah satu perawatan andalannya adal Photo Facial Treatment, yang terdiri dari 3 rangkaian perawatan kulit wajah (nanti aku jelaskan lagi), dan juga perawatan terbaru mereka yaitu PRP treatment.

Setelah dinner cantik dan chit chat yang super seru dan informatif, kami seluruh blogger mendapatkan Photo Facial Treatment, for freeeeee. What a double lucky me, this is what i need the most.

 ****PHOTO FACIAL TREATMENT

Zap Photo Facial Treatment, merupakan gabungan dari 3 rangkaian perawatan wajah yang ada di ZAP Clinic. Setiap treatment itu sendiri, mempunyai tujuan dan hasil terbaik untuk kulit wajah mu. So, kamu bisa memilih salah satu perawatan yang paling kamu butuhkan, atau ya simply just get them all by ONE Photo Facial Treatment. Selain harganya menjadi lebih murah, dengan menggabung keseluruh rangkaian perawatan tadi, pastinya hasil yang didapat juga lebih memuaskan.

Aku akan share sedikit, mengenai masing-masing treatmen yang menjadi bagian dari ZAP Photo Facial.

1. Face Toning

Setelah sebelumnya area wajah kita dibersihkan dari makeup dan kotoran, oleh perawat, lalu mata kita ditutup kapas dan penutup mata baru lah proses face toning dilakukan. Nah, the base thing about ZAP Clinic for me is, treatmennya dilakukan oleh dokter yang memang ahli di bidangnya.

img_20161225_214942
Wajah mulai dibersihkan secara menyeluruh dari makeup dan kotoran

Okay lanjut, sebelum perawatan face toning di lakukan. dr. Fika yang menangani saya saat itu. Mulai menjelaskan tahapan perawatan yang akan dilakukan.  simply like “Nanti akan sedikit berasa seperti percikan diwajah ya, kalau sakit bilang ya” or like “saya akan mulai dari dagu ke wajah sebelah kanan ya, bibirnya di mingkemin ya”, dan “kita mulai ya”

and I found this really helpful tho’, karena dengan mata tertutup, tanpa penjelasan seperti ini sebelum perawatan , saya pasti cemas menunggu kapan perawatan dimulai, dan pasti akan kaget saat dimulai. right?

Face toning menggunakan teknologi laser, nah menurut penjelasan dr. Fika, laser ini menargetkan melanin (sel yang membentuk flek di kulit), hemoglobin (pembentuk sel darah merah) dan juga air yang dilapisan dermis (yaitu lapisan kulit bagian dalam). Nah gunanya, perawatan ini efektif untuk mencerahkan warna kulit, dan karena berfek langsung pada melanin, ini juga efektif menghilangkan flek pada lapisan dermis, mengecilkan pori-pori, menyamarkan kerutan halus, dan juga bekas jerawat. Karena efeknya terhadap kandungan air dikulit, juga bisa mengatasi minyak yang berlebih yang merupakan salah satu faktor resiko munculnya jerawat.

16-12-25-11-53-29-948_deco1
Mata ditutup dengan kapas dulu, baru dengan penutup mata, jadi nyaman dan khawatir jiplak dikulit.
16-12-25-11-54-08-182_deco1
proses FACE TONING dimulai, oleh dr. Fika. perhatikan warna kulit saya yang masih kusam, dengan beberapa breakout diwajah :((

Saat face toning, nyaman, rasanya seperti ada percikan kembang api tetapi tidak sakit sama sekali,paling terasa sedikit seperti dicubit ringan pada beberapa spot yang memang ada jerawatnya, jauh berbeda sekali dengan facial konvensional yang men-“squeeze” jerawat kita dan meninggalkan pori-pori yang membersar yang nantinya malah jadi tempat masuk debu, dan menjadi komedo lagi.

Selesai face toning, langsung terlihat lho efeknya. wajahnya jadi setingkat lebih cerah, dan warna lebih merata. Pada wajahnya juga masih terlihat sedikit memerah, pada beberapa bagian yang memang berjerawat. Apakah sakit bagian merahnya? tentu tidak hehe.

16-12-25-11-43-00-223_deco1
right after FACE TONING, wajah menjadi lebih cerah, dan beberapa kemerahan pada bagian yang berjerawat.

2. FACE REJUVENATION

Lalu tahap kedua adalah Face Rejuvenation, dannn the best thing about Face Rejuve ini adalah sebelum mulai perawatan kulit wajah dioleskan oleh formulated gel, yang dinginn dan nyaman banget diwajah (me like it). Nah gel ini digunakan untuk melindungi kulit dari energi panas yang nanti akan ditimbulkan selama proses Face Rejuve dilakukan.

Sama halnya seperti Face Toning, Face Rejuve juga dilakukan oleh dokter, dan sebelum setiap tahapan-tahapan perawatan di mulai, dr. Fika selalu menjelaskan mengenai tahapannya, dan memberitahu bahwa perawatan akan dimulai. Pada perawatan Face Rejuve, sebaiknya tetap tutup mata ya, walaupun mata kita sudah ditutup oleh kapas dan alat penutup mata, better keep your eyes closed, karena sinar yang ditimbulkan alat Face Rejuve ini mengeluarkan sinar yang sangat terang, dan bahkan saat saya sudah menutup mata, masih berasa terang banget.

pf-top-slider-5
Photo Credit: ZAP Clinic

Selama proses Face Rejuve, kulit saya mulai terasa hangat, tetapi gak sakit dan tetap nyaman. Nah cahaya yang menjadi basis teknologi Face Rejuve ini bekerja pada epidermis, yaitu lapisan kulit bagian luar dan juga dermis bagian atas. Dari penjelasan dr. Fika saat treatment, ini berfungsi mengurangi flek hitam, dan menyembuhkan jerawat dan mengurangi peradangan, seperti jerawat yang memerah diwajah ku saat itu (tepuk tangan kenceng-kenceng dalam hati :)))

Nah cahaya yang ditimbulkan selama proses Face Rejuve ini dapat merangsang kandungan kolagen dalam kulit, nah semua pasti udah tau dong kalau kolagen merupakan faktor penting falam hal peremajaan dan regenerasi kulit wajah. Face Rejuve juga dapat mengurangi pigmentasi sehingga wajah terlihat lebih halus dan cerah.

And yappp, wajah bersih banget rasanya, kalau saya sih rasanya agak lebih kenceng dan kenyal ya kayak abis maskeran. Kulit masih merah-merah, tapi berasa fresh banget karena terlihat cerah dan bersih.

16-12-25-11-40-43-185_deco1
setelah Face Rejuvenation, wajah lebih fresh dan terasa kenyal. warna kulit juga lebih cerah

3. Oxy Infusion

Setelah wajah saya dibersihkan dari sisa formulated gel, dr. Fika menginstruksikan perawatan memberikan perlakuan khusu pada beberapa spot yang cenderung iritasi pada perawat. (Lupa apa dan kenapa, yet thankfully ga ada yang iritasi kok hihi). Kemudian, perawatan Oxy Infusion dimulai, untuk perawatan ini yang mengerjakan adalah perawat.

But no worries, perawat di ZAP Clinic juga sudah melalui rangkaian training medis, dan ahli kok. Soal informatif, juga ga kalah sama dr. Fika. sebelum memulai perawatan, juga selalu diinfokan. Misal pada saat disela-sela perawatan oxy infusion saya harus menahan napas, saat angin dilalui kearea hidung dan mulut. Pokoknya soal service dan hospitalty PUAS!! hehe

16-12-25-11-42-10-270_deco1
Oxy Infusion treatment yang menyegarkan

Nah proses dari oxy infusion ini sendiri, merupakan suatu perawatan dengan menyemprotkan oksigen dengan tekanan yang sesuai, sehingga oxygen bisa masuk meresap kekulit dengan optimal, melalui pori-pori wajah.

Satu kata sih buat perawatan ini, SEGER BANGET RASANYA, angin dingin kena kulit emang pasti punya sensasi yang menyegarkan buat saya. Tapi tekanan oxy infusion ini gak hanya menyegarkan, oxygen yang masuk melalui pori-pori tadi juga dapat menjaga kelembaban kulit. Treatment ini punya efek soft peel yaitu dapat membersihkan kulit wajah dari kotoran  dan debu yang bikin wajah terlihat kusam. dan proses kulit wajah bersih, segar dan lembab ini muncul right after the treatment, hasilnya nyata banget.

16-12-25-11-41-35-522_deco1
right after Oxy Infusion, wajah rasanya ringan dan seger banget.

Walaupun setelah rangkain photo facial ini kita diperbolehkan menggunakan make up kembali, (YAP, satu lagi keuntungan dari Photo Facial Treatment di ZAP, boleh make up lagi hihi) tapi aku pribadi agak sayang sih, soalnya begitu ngaja muka fresh banget, seger dan cerahh, aku lebih menikmati muka yang segar dan kenyal, itung-itung istirahatin wajah dari makeup.

img_20161225_1137411
Still no-makeup look kecuali eyeline dan alis :p, after Photo Facial.

Tapi kalau kamu mau curi-curi waktu disela makan siang, untuk kabur ke ZAP Clinic di sekitar area kantor mu, untuk Photo Facial, atau sekedar oxy infusion aja biar wajah jadi seger dan fresh sebelom ketemu klien, bisa banget, kalau mau makeup full lagi setelahnya. Jangan ragu buat photo facial, dijam-jam sebelom meeting sama klien misalnya, karena instead of dapat muka bengep, merah-merah disana sini karen dipencet-pencet di facial konvensional. Photo Facial malah membuat wajah mu terlihat jaaaauuhhh lebih cerah dan fresh, dan otomatis perasaan kita juga akan lebih pede saat meeting, dan makeup pun akan lebih melekat dengan baik ke wajah.

Oiya, setelah rangkain Photo Facial Treatmen tadi selesai dilakukan, kita akan diberikan Sun Block dan ZAP after care untuk melindungi kulit dari sinar UV. Kemudian, saya didampingi perawat tadi diantar ke ruangan ganti yang super cozy dengan Sofa dan bilik-bilik untuk ganti baju, juga ada kaca besar dan lampu-lampu untuk kita dandan dan berberes disana sebelum kembali bekerja. Saking nyamannya ruang gantinya, dan desainnya yang modern dan cozy bawaannya mau foto-foto terus hehe. Oiya, di ruang ganti ini juga tersedia sabun dan toner, serta SunBlock yang bisa kita gunakan.

16-12-25-11-38-18-246_deco1
take look at those cozy room, me love it~

16-12-25-11-39-47-981_deco1

img_20161225_1136281

img_20161225_1135191
lorong ruang perawatan ZAP Clinic

So, if i may, saya bisa deskripsikan “10 things that I love about ZAP Clinic and Its’ Photo Facial Treatment”

  1. Hospitality yang berasa banget dari masuk hingga keluar lagi dari ZAP Clinic.
  2. Dokter dan tim perawat yang benar-benar ahli dan teliti selama proses perawatan berlangsung.
  3. Perawatan yang sangat nyaman dan tidak sakit.
  4. Teknologinya modern dan profesional dan selalu berinovasi pada teknologi-teknologi baru yang bermunculan
  5. Warna kulit wajah jadi merata dan terasa bersih dan segar
  6. Mengurangi jerawat yang memerah dan juga bekas jerawat.
  7. Pori-pori terlihat mengecil dan terlihat saat aku pakai makeup keesokan harinya
  8. Kulit terasa halus dan tekstur kulit terasa kenyal.
  9. Bisa pakai makeup lagi karena Photo Facial treatmen ini mini sekali efek samping dan cukup nyaman.
  10. Ambience Clinic, yang nyaman dan cozy, dan bikin betah baik saat menunggu, saat perawatan dan juga saat berberes diruang ganti.

So, here I am, happy that my skin breakouts problem was solved. And surely I’ll do this treatment regularly from now on to get my skin checked and treated. It is better to keep the healthy skin healthy right?? than to get freak out because of breakouts and pimples.

Happy ZAP life!!

Cheers,

icha @annisaramalia

disclosure: i was sponsored a free Photo Facial Treatment by ZAP Clinic in writing this review. All opinions are honest review and my very own self opinions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.