Health · Parenting · tooth fairy · Uncategorized

Oh no, bayiku besok ulang tahun yang pertama, tapi belum tumbuh gigi!!!

Hello Mom Babes,

Finally I am back on track. Sejujurnya sudah beberapa kali berniat untuk menulis, tapi lagi-lagi kesibukan menundanya lagi dan lagi.

Sesuai sama judulnya, pasti banyak diantara mommies atau mungkin teman dekat yang mengalami hal ini. Panik karena sudah mendekati usia 1 tahun, atau bahkan lewat, si baby masih belum tumbuh gigi, grinjil-grinjil putih di gusi aja gak sama sekali!! Beberapa kali juga teman atau pasien di klinik menanyakan hal yang hampir sama

“Kapan sih bayi harusnya punya gigi?”

“normal gak sih anak ku belum tumbuh gigi, udah 14 bulan lho”

“sepupunya seumuran udah tumbuh gigi pas 4 bulan, anakku ko belom ya?”

So, balik lagi ke pertanyaannya, Apakah ini normal? it is problably normal, karena waktu kapan gigi bayi kita tumbuh untuk pertama kali sedikit bervariasi. Pada beberapa kasus langka ada bayi yang lahir sudah memiliki, dan sedangkan ada bayi yang mungkin tidak memiliki gigi saat di ulang tahun yang pertama.

blog-icha

Usia mayoritas rata2 bayi tumbuh gigi adalah usia 6 bulan, tapi menurut penelitian AAPD gigi susu pada bayi bisa tumbuh dini pada usia 4 bulan, atau bahkan pada bayi lainnya baru muncul pada usia 18 bulan. Anak ku Celina termasuk yang tumbuh gigi cepat di usia 4 bulan, namun jika bayi anda berada pada sisi “yang tumbuh belakangan” no worries ini tidak berarti ada masalah terhadap pertumbuhannya. atau yang paling sering diasumsikan “kurang kalsium”.

singkatnya gigi pertama dapat muncul di rentang usia 4 bulan hingga 18 bulan, dan akan komplit hingga anak usia 3 tahun atau 36 bulan, bahkan lebih cepat. jadi kalau si kakak dulu usia 24 bulan tahun udah kompli plit plit, dan si adik usia 28 bulan masih belum ada taringnya no worries, they are different in so many unique ways right??

So, kapan pun gigi susu si kecil muncul, let’s celebrate the milestone by taking picture and put some note on your baby book.

photo-1
celina’s 1st tooth pic :p

Oiya satu lagi, beberapa Ibu suka misunderstood pada saat para baby mulai drooling alias ngences, dan masukin tangan kemulut atau gigit-gigit, sebagai tanda-tanda awal dari teething, biasanya diusia 3 bulan. Hal-hal ini merupakan hal yang memang normal muncul pada usia tersebut, ini mungkin bisa menjadi salah satu tanda teething , tetapi tidak selalu menjadi tanda-tanda mau tumbuh gigi atau (teething). Ini merupakan fase normal yang dialami bayi seusianya untuk mempersiapkan diri memasuki tahap mpasi di usia 6 bulan nanti, jadi rongga mulut bayi terbiasa dengan benda yang masuk ke dalam mulutnya.

Oiya ini aku share soal chart pertumbuhan gigi pada bayi (hope it might help you some way), bagaimana transisi dari gusi berubah jadi 20 gigi seputih susu. but once again, ini penilitian rata-rata ya moms, don’t mind if your babies has it slightly different, they are special in their own way.

Oiya moms, satu hal yang penting di catat. Apabila sudah memasuki usia 18 bulan, belum ada tanda-tanda kemuncul si gigi susu, let your child’s doctor know, boleh dokter gigi atau dokter gigi anak ya. Mungkin akan diperlukan beberapa test darah, untuk memastikan adanya masalah medis, dan mungkin merujuk anak moms ke dokter spesialis anak. Dokter gigi juga akan melakukan x-ray pada anak, untuk memastikan ada tidaknya benih gigi dibalik gusinya :).

Dan kapanpun gigi susu anak moms muncul, tetap ingat bahwa saat usia satu tahun, adalah waktu yang tepat untuk melakukan 1st dental visit ya mom, bisa baca di post ku sebelumnya (disini). oiya baca juga soal bagaimana membersihkan gusi dan gigi anak moms (disini) ya.

I really want to write about teething, yap satu lagi kegalauan para Mommies, apakah bayi demam, muntah atau bahkan diare saat tumbuh gigi, bayi menolak makan saat tumbuh gigi, and so on and so on,  dan ini butuh satu page artikel sendiri untuk dibahas tuntas, so stay tuned ya. klik subscribe untuk tau info post terbaru. nanti linknya akan aku update disini.

Cheers, xoxo

icha @annisaramalia

One thought on “Oh no, bayiku besok ulang tahun yang pertama, tapi belum tumbuh gigi!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.