Uncategorized

Konsep Sehat dalam Genggaman, gimana menurut kamu?

Hai,

Sebagai seorang Ibu dengan dua anak yang juga seorang dokter gigi anak. Saya harus bisa membagi waktu antara melayani pasien yang sakit di tempat praktik, dan juga mendatangi tempat praktik teman dokter anak saat anak-anak saya sakit.

Sebagai seorang dokter tentu saya dapat banyak “jalur” curhat untuk diskusi dengan teman dokter spesialis anak jikalau anak saya sakit. Tapi lain hal dengan beberapa teman saya yang suka curhat kebingungan saat anak meraka demam berhari-hari. Tanpa gejala seperti batuk pilek misalnya.

Saya dan Keluarga

Tentu mereka kebingungan, sayapun mengerti rasanya, anak sakit, susah makan, minum pun susah, kemana ya nanyanya? Kapan ya kita harus bawa untuk periksa ke rs kapan gak?

Dimana menurut penelitian, banyak anak yang dibawa ke RS mengantri ke RS ternyata tidak membutuhkannya lho. Malah menempatkan anak pada risiko terinfeksi nosokomial (infeksi yang tertular di lingkungan klinik atau rumah sakit). Selain itu, kita juga jadi memperlambat antrian pasien-pasien yang justru benar-benar membutuhkan. Apalagi kalau kita menggunakan fasilitas seperti BPJS, bukan kah sebaiknya kita bisa memilih kapan sebetulnya kita butuh ke RS kapan tidak? Agar fasilitas lainnya dapat di manfaatkan oleh pasien lain yang lebih membutuhkan.

Selama ini saya membantu dengan menjawab beberapa whatsapp teman dan kolega seputar kesehatannya. Paling sebatas kesehatan umum, begitu bukan bidang expertise saya gak berani juga.

Aplikasi SehatQ, sehat kita ada dalam genggaman

Untung sekarang ada aplikasi SehatQ yang telah dilanching Rabu 25 September 2019 lalu. Setelah kurang dari setahun web SehatQ.com diluncurkan akhirnya startup SehatQ ini meluncurkan aplikasi. Yang diantara fitur utamanya terdapat chat dokter.

Peluncuran Aplikasi SehatQ
Linda Wijaya, Founder dan CEO SehatQ

“SehatQ menawarkan konsep Sehat dalam Genggaman – apapun kebutuhan kesehatan pengguna dapat diakses melalui satu aplikasi. Dimulai dari pencarian informasi kesehatan, chat dengan dokter, hingga layanan booking dokter jika akan berobat ke rumah sakit atau klinik,” kata Founder dan CEO SehatQ Linda Wijaya.

Nah salah satu fitur yang ingin saya highlight adalah Chat Dokter dimana pengguna dapat berkonsultasi secara realtime dengan tim dokter SehatQ. ” Fitur Chat Dokter SehatQ tidak menggantikan peran fasilitas kesehatan, melainkan mengarahkan pasien untuk mengambil keputusan terbaik untuk kondisinya.” Ujar Linda Wijaya.

Setuju banget, konsultasi dokter untuk dapat solusi. Bukan menggantikan pemeriksaan klinis, beberapa penyakit yang bisa selfmediacation misal seperti batuk pilek kita bisa rawat dengan cinta di rumah. Tetapi jika penyakit yang dialami membutuhkan pemeriksaan klinis dan penunjang lainnya jangan ragu untuk booking dokter di SehatQ yang juga merupakan fitur unggulan dari aplikasi ini.

Seiring dengan yang aku ceritain tadi di awal setiap pengguna tentunya memiliki tujuan tersendiri ketika mengakses fitur Chat Dokter SehatQ. Namun secara garis besar, para pengguna ingin berdiskusi dengan dokter melalui fitur tersebut untuk tiga tujuan berikut ini.

Namun, diluar hal tersebut tadi di atas. Kita orang tua juga bisa menggunakan fitur chat untuk rujukan. Misal apabila dibutuhkan pemeriksaan penunjang lebih lanjut seperti labotarium urin dan darah.

Dr Audy dan Tara Budiman sebagai narasumber

Dr Audy dan Tara Budiman yang hadir juga berbagi pengalaman saat menggunakan fitur yang ada di sehatQ. “Saya kebantu banget apalagi saat travelling, saat anak sakit dan kesulitan bahasa. Kita bisa menyakan obat untuk penanganan pertama bagi anak. Baru deh melihat kondisi perlu gak nya pemeriksaan lebih lanjut” kata Tara siang itu.

Dr Audy juga berbagai preferensi karena sehatQ sangat memudahkan pasien juga klinik dan rumah sakit. Dengan booking dokter, sehatQ dapat menjembatani ratusan rumah sakit, klinik serta laboratorium dengan pasien- pasien di berbagai kalangan.

Selain kedua fitur unggulan tadi, yang saya suka dari aplikasi ini juga adalah informasi mengenai obat, informasi jenis penyakit dan juga artikel kesehatan yang rutin terupdate setiap harinya. Pasien juga jadi #smartpatients yang dapat mengedukasi dirinya, mengenai penyakit yang dideritanya, gaya hidup sehat dan juga amankah obat yang akan dikonsumsinya.

Promo layanan kesehatan juga bisa dimanfaatkan di aplikasi SehatQ ini lho. Sedang ada promo cashback dari Gopay sebesar 25.000,- di fitur promo kesehatan. Lumayan banget kan, booking pakai sehatQ dapet gopay, dan masih banyak lagi.

Nah banyak banget kan fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan dengan baik.Gimana menurut kalian aplikasi ini? Kesehatan dalam genggaman bukan wacana lagikan. Yuk bijak bijak menggunakn fasilitas kesehatan umum seperti rumah sakit, dengan bijaksana memilih kebutuhan kita dan keluarga, diskusikan yang kalian butuhkan lewat apliksi sehatQ ini. Cus ibu-ibu wajib download.

Download Aplikasi di:

Google play store dan App Store

Saya bersama teman Blogger yang hadir kemarin

Pssstt, diaplikasi ini juga ada saya dan teman- teman lho. Jadi konsultasi dulu dengan tim dokter dari SehatQ jika dibutuhkan akan dirujuk ke arah booking dokter ya.

Thank you SehatQ for inviting me. I am looking forward for more ❤️

6 thoughts on “Konsep Sehat dalam Genggaman, gimana menurut kamu?

  1. Aku juga seneng kalau ada teman dokter yang mau ditanya2 lewat WA. Kalau kita suka cepet panik pdhl sakitnya sepele dlm artian bisa ditangani sendiri dulu. Nah kl ada aplikasi begini yg dokternya bs ditanya2 jadi membantu banget ya.

  2. Aku lebih suka kl ada aplikasi kyk gini yg bisa bantu mengurangi rasa panik ketika anak sakit. Karena kadang2 ngga perlu dulu dibawa ke dokter, tapi karena udah panik cepet2 ke dokter, abis itu malah bikin bete karena ngantri & mood anak jg tambah drop, jd dgn adanya aplikasi kayak sehatq ini bener2 ngebantu banget

  3. SehatQ menawarkan konsep Sehat dalam Genggaman – apapun kebutuhan kesehatan pengguna dapat diakses melalui satu aplikasi. Dimulai dari pencarian informasi kesehatan, chat dengan dokter, hingga layanan booking dokter jika akan berobat ke rumah sakit atau klinik,” >> wah lengkap banget kak menarik banget!!! brb install appsnya biar lbh gampang

Leave a Reply to ifa Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.