Health · Parenting · pregnancy · Uncategorized

Golden Moments saat Kelahiran Buah Hati

Alhamdulillah, setelah melalui masa-masa 9 bulan kehamilan, telah lahir putri kedua Saya dan Ben yang bernama

Aaira Fahima Harumaningtyas”

Kalau kita berbicara soal kelahiran buah hati banyak sekali masa atau moment yang kita lewati. Mulai dari bahagia, haru, cemas, excited, bingung dan lainnya.

Mulai dari lihat test pack “2-garis”, moment haru berbagi kebahagiaan bersama suami, bahwa akan datang satu lagi malaikat kecil ke keluarga kita, mual-mual dan lemas di tiga bulan pertama, hingga merasakan tendangan bayi untuk pertama kalinya. Setiap moment ini pasti menjadi masa-masa Indah, sebuah golden moments bagi setiap Ibu yang sedang menanti kelahiran buah hati.

Nah, ngomongin soal golden moment, beberapa waktu sebelum melahirkan Aaira kemarin, tepatnya tanggal 29 September 2018, aku diundang oleh Cordlife Indonesia, untuk menghadiri talkshow dengan tema “Golden Moments Right After Birth”, di Hotel JS Luwansa Kuningan, Jakarta.

dari Cordlife saya jadi lebih mengerti mengenai pentingnya penyimpanan sel punca (stem cell) dari darah tali pusat, yang sangat berharga

***Golden Moments Right After Birth

Dr. Ardiansjah Dara, SpOG yang menjadi narasumber pada hari itu mengatakan, setiap proses yang dilalu selama kehamilan hingga kelahiran memiliki golden momentsnya sendiri, mulai trimester pertama, kedua, ketiga dan juga saat kelahiran.

Golden Moments pada saat kelahiran itu benar-benar “rights after birth!!”Kapan? 10 menit pertama setelah bayi lahir.

Menurutnya, sesaat bayi baru lahir, kita harus segera mengambil darah tali pusat dan tali pusat, sebelum placenta lepas dari dinding rahim. Nah, kira-kira prosesnya itu tidak lebih dari 10 menit saja bu. Proses yang mudah, sangat singkat, painless baik bagi ibu dan bayi, namun sangat berharga bagi 3 generasi di atas dan di bawahnya. Karena keduanya darah tali pusat dan tali pusat mengandung stem cell yang berharga.

Proses yang tidak akan terulang lagi~

Untuk adat dan kebiasaan di beberapa budaya di Indonesia, gak perlu khawatir. Setelah proses tersebut, plasenta atau yang biasa kita sebut ari-ari dapat dibawa pulang dan dikubur.

Sel punca atau stem cell adalah sel induk yang dapat distimulasi untuk membentuk sel apapun. Karena sifat inilah stem cell therapy merupakan salah satu breakthrough teknologi pengobatan. Pengobatan dengan sel punca ini juga sudah terbukti dapat menyembuhkan beberapa penyakit berat, misalnya penyakit darah seperti leukemia, thalasemia,dll.

Selain dr. Dara, dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp. A(K)., juga berbagi informasi mengenai golden moments setelah kelahiran. Baginya, proses Inisiasi Menyusui Dini (IMD) juga merupakan golden moments yang sangat penting setelah kelahiran. Dimana, proses ini bayi yang baru lahir diletakan ke dada atau perut ibunya. Bayi biasanya dibersihkan dan diberi selimut dan topi, kecuali bagian tangannya.

Bayi akan mulai, menjilat sisa air ketuban yang masih menempel ditangannya, yang aromanya mirip dengan puting Ibu. Bayi pun mulai mencari puting mengikuti insting dan bau yang dikenalnya. “Proses IMD ini minimal 1 jam, minimal, idealnya 2 jam. tugas bapak temenin jangan sampe bayinya jatoh ya”, canda dr Edi.

IMD ini penting untuk keberhasilan proses keseluruhan ASI eksklusif. Rangsangan yang diberikan ludah bayi saat menemukan puting, bonding yang dibentuk antara Ibu dan Bayi, dapat meningkatkan produksi ASI nantinya. IMD pun memberikan kekebalan tubuh yang baik pada bayi, setetes colostrum yang keluar dari putih saat IMD dan 3hari berikutnya, merupakan antibodi terbaik bagi bayi.

IMD terbukti dapat mengurangi angka kematian bayi baru lahir

Dr. Edi juga menegaskan, jangan khawatir jika ASI hanya terlihat sedikit di tiga hari pasca kelahiran, karena memang ASI baru akan lancar setelah 3 hari. Tapi bukan tidak ada, ASI sudah ada satu tetes dua tetes dari awal bayi dilahirkan. Selain itu, bayi punya cadangan makanan yang disebut brown fat (lemak cokelat) untuk lima hari. Lagi pula, tetesan ASI tadi cukup untuk mengisi perut bayi yang hanya sebesar biji kelereng (kapasitas 5 ml). Allah SWT, tidak akan menciptakan bayi yang suci kedunia tanpa makanannya.

So, tempelin terus bayi ke dada Ibu dan biarkan bayi terus mengenyot puting ibu. Bayi nengis nggak selalu karena mau menyusu. Bayi menangis antara lain juga karena pipis atau pup, ingin dipeluk, digendong atau sekedar diajak ngobrol di dunia barunya. Bayi gelisah kalau sepi karena terbiasa dengan kondisi rahim yang berisik.

Kemudian, pertanyaannya pasti ” mahal gak sih nyimpen darah tali pusat dengan Cordlife?”. Terjangkauu banget, biayanya sama dengan kita ngopi-ngopi perminggu, gak sampe 50ribu, atau 1.650.000 PERTAHUN!! hingga 21 tahun, dan dapat diperpanjang setiap tahunnya sampai seumur hidup.

Dan harga ini pun disertai dengan perlindungan dari cordlife shield 360 asuransi untuk ibu hamil dengan berbagai kemungkinan komplikasi selama kehamilan mulai usia 18 minggu, dan juga bagi bayi meliputi 16 penyakit bawaan untuk bayi hingga mencapai usia 6 bulan, dengan perlindungan total sebesar SGD 5000.

 

Acara talkshow Golden Moments Right After Birth didukung oleh Sorella, Mustella, Mothercare, Cosmos, UnicorN AdCom, dll. Seru banget buat bumils, promo-promonyaa, thank youu para sponsors.

mari yuk sama-sama kita jaga masa golden moments setelah melahirkan. 1 kali seumur hidup, untuk investasi masa depan anak dan 3 generasi diatas dan dibawahnya.

Persiapan untuk cordlife sebaiknya dimulai dari trimester 2 atau 3 awal. Kalau kalian tertarik, bisa dapatkan informasi dengan menghubungi (021) 8379 7464 atau 0813 8060 5508. Konsultan Cordlife akan dengan senang hati membantu menjawab pertanyaan kalian.

instagram: @cordlifeindonesia

website : www.cordlife.co.id

 

semoga membantu,

 

annisaramalia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.