Beauty Talks · Health · Uncategorized

Yuk, Lakukan SADARI untuk deteksi dini Kanker Payudara

Hai Ladies,

 

Kalau boleh kita flash back beberapa tahun atau puluh tahun lalu, tidak jarang kita dengar saudara, kerabat dekat, atau orang sekitar dan artis di berita yang ternyata mengidap kanker dan sudah memasuki STADIUM LANJUT. Seperti tersambar geledek, semua seakan berakhir, karena ada Kanker stadium akhir pada diri mereka.

Seperti kakak kesayangan Ibu saya, beliau terdeteksi kanker stadium lanjut pada kedua payudaranya. Dimana pada masa itu obat-obatan alternatif lah yang menjadi pilihan untuk pengobatannya. Dunia seakan berhenti, dokter menganjurkan untuk mengambil payudara, kata OPERASI seperti ancaman bagi keluarga kami saat itu. Usaha bolak balik, alternatif A, B , C sampai Z pun yang tidak dapat dibuktikan secara medis tentunya, tidak dapat membendung metastase kanker yang ada pada tubuh beliau. Beliau pun dipanggil Allah SWT, setelah berjuang bertahun-tahun terhadap kanker payudara.

Boleh di bilang, ketidakpahaman akan suatu tindakan medis bagi penderita penyakit kanker dulu, justru menjadi tekanan dan membuat dunia seakan kiamat. Saat, dokter anda mengatakan, “Bu, Pak anda terkena kanker payudara” dan tiba-tiba, semuanya berhenti. Saat dokter terus berbicara, mengenai diagnosis, stadium kanker, dan perawatan kanker bisa jadi kita sudah tidak dapat lagi mencernanya atau tidak sepenuhnya memahami segala sesuatu yang dikatakan.

Survey WHO, source : www.lovepinkindonesia.org

Tapi tentunya hal ini sekarang jarang terjadi lagi, dengan mulai banyaknya tersedia teknologi deteksi klinis dan juga media informasi online, event komunitas, dan lainnya yang sangat mudah di akses bagi kita mengenai kesehatan, salah satunya informasi mengenai kanker payudara. Seperti event Sorella Goes To Bali”  yang di gelar 13 Agustus 2018 lalu, di Segarra, Seaside Restaurant, Ancol.

credit @UnicornAdCom

Kolaborasi Sorella dan Lovepink Indonesia

***Lovepink Indonesia

Pada event ini Sorella berkolaraborasi dengan Lovepink Indonesia. Suatu komunitas yang berfokus pada kegiatan sosialisasi deteksi dini dengan cara SADARI (Periksa Payudara Sendiri), SADANIS (Periksa Payudara Secara Klinis), dan pendampingan bagi sesama perempuan dengan kanker payudara.

Lovepink dengan Mbak Madelina Mutia, selaku Co-Founder dan juga seorang Survivor Kanker Payudara, bergerak dengan basis komunitas survivors yang bekerja secara sukarela untuk mendukung visi dan misi organisasi.

Tujuan Lovepink Indonesia adalah Menurunkan angka pasien kanker payudara stadium lanjut.
Meningkatkan jumlah survivors yang sadar, tangguh, dan peduli.

Hadir dengan busana yang energik dengan tema berwarna pink, Mbak Mutia terlihat sangat fresh dan bersemangat, tidak terbayang bahwa beliau pernah mengidap Kanker Payudara.

“Begitu banyak dari kita yang sering mendengar istilah kanker payudara, tapi sedikit sekali yang benar-benar paham. Dan juga sedikit sekali yang rutin melakukan deteksi dini kanker payudara” jelas Mbak Mutia, pada siang itu.

Menurut Mbak Mutia, pula kanker payudara adalah adanya pertumbuhan sel yang abnormal pada payudara. Tidak hanya perempuan, laki-laki pun dapat terkena kanker payudara. Salah satunya adalah ayah dari penyanyi Melly Goeslaw, yapp Melky Goeslaw, beliau wafat akibat Kanker Payudara.

“Setiap orang dengan kelenjar payudara berisiko termasuk laki-laki, namun harapan juga ada. 98% kanker payudara dapat sembuh” ucap Mbak mutia semangat, asal lakukan deteksi dini, dan cari perawatan yang sesuai dengan diagnosis dan tingkat keparahan kanker itu sendiri.

 

***Deteksi Dini Kanker Payudara

Tanda-tanda peringatan kanker payudara tidak sama pada semua perempuan. Tanda-tanda paling umum adalah perubahan dalam tampilan atau rasa raba payudara, perubahan pada tampilan atau rasa raba puting susu dan keluarnya cairan dari puting susu (nipple discharge).

Pemeriksaan Payudara  dibagi menjadi dua, yaitu SADARI dan SADANIS:

  • SADARI (perikSA payuDAra sendiRI)

Deteksi dini adalah pengobatan terbaik, yuk kita periksa setiap mandi keadaan payudara kita sendiri. Nah, melakukan SADARI paling baik kira 7-10 hari dari masa menstruasi.

nah banyak hal yang sudah dilakukan untuk sosialisasi gerakan SADARI ini, salah satunya video #RumpianBeha ini, simak yuk!

  • SADANIS (perikSA payuDAra secara kliNIS)

Salah satu jenis SADANIS adalah pemindaian berupa mamografi yang dapat mendeteksi kanker payudara sedini mungkin. Ini direkomendasikan reguler 1 tahun sekali bagi wanita berusia 40 tahun keatas, dan dibawah 40 tahun cukup dengan USG saja dan lakukan SADARI rutin.

Tes pemindaian digunakan untuk menemukan kanker payudara sebelum memicu tanda-tanda peringatan atau gejala manapun. Tes pemindaian dapat mendeteksi kanker payudara secara dini, ketika kesempatan penyintasan lebih tinggi.

Tes pemindaian reguler (bersamaan dengan tes tindak lajut dan pengobatan apabila terdiagnosis) mengurangi kemungkinan anda untuk meninggal dunia karena kanker payudara.

 

***Kampanye #SorellaInnerBeauty

Sorella Goes To Bali, adalah event lanjutan dari Sorella Lingerie Trunk Show di Skye Bar, beberapa waktu lalu. Keduanya, bertujuan untuk mengenalkan kampenye Sorella Inner Beauty ke khalayak.

Melalui Kampanye ini SORELLA percaya bahwa setiap wanita memiliki inner beauty. Kecantikan yang sejati bagi SORELLA adalah kecantikan dari dalam diri. Wanita SORELLA adalah wanita yang percaya diri yang selalu berpikiran positif, rendah hati dan peduli terhadap sesama.

Sesuai dengan philosophy SORELLA ini, maka SORELLA peduli dan berkomitmen penuh utk mendukung dan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan wanita akan kanker payudara, tekan Ibu Agnes Dewi selaku Marketing Manager PT Megariamas Sentosa, PT yang menaungi Sorella di Indonesia.

Dengan pengalaman di bidang pakaian dalam selama 40 tahun lebih di Internasional dan 30 tahun lebih di Indonesia, SORELLA memiliki team R&D khusus di Indonesia. Yang senantiansa berkomunikasi dengan wanita-wanita Indonesia di segala umur dan terus menerus menyempurnakan produk-produk SORELLA agar mampu menonjolkan feminitas seorang wanita namun memberikan rasa yang nyaman ketika dipakai.

Berbekal dengan kompetensi Sorella dalam bidang pakaian dalam, 2013-2018 sebagi TOP BRAND AWARDEE, dan juga sebagai bentuk kepedulian Sorella , Sorella secara nyata pada kesempatan ini mensupport komunitas LOVEPINK Indonesia dengan mengeluarkan Bra Khusus untuk para Penyintas Kanker ini yaitu Mastektomi Bra.

***Produk Sorella Inner Beauty

Kampanye yang dilakukan Sorella #allaboutinnerbeauty tercermin dari produk produk sorella Premium class yang tidak hanya mengutamakan nilai estetika tapi juga fungsi kesehatan.

Hal ini karena sorella begitu peduli dengan kesehatan wanita Indonesia. Produk tersebut adalah Body Contour Wellness Bra dengan beberapa kelebihan antara lain :

  • Far Infrared Rays (mempunyai fungsi detoksifikasi, mencegah radiasi elektromagnetik dan meningkatkan sirkulasi darah) pada bagian payudara.

 

  • 3D Zero Pressure Wire bra dibuat dengan mengikuti bentuk payudara dan ketika dipakai tidak ada tekanan kawat sehingga tidak menyebabkan sakit di sekitar payudara ketika bra dipakai karna kawatnya yang lentur.

 

  • Specialty Bra Bamboo Bra (bahannya mengandung serat bambu dengan fungsi memperlancar peredaran darah,anti bakteri dan menghilangkan bau), Coffee Yarn ( mengandung bahan kopi dalam serat kainnya dengan fungsi membantu mencegah iritasi kulit dan anti oksidan)

 

  • Mastectomy Bra untuk wanita yang terkena Kanker payudara pasca pengangkatan payudara agar masih dapat tampil dengan sempurna.

 

  • Beauty Inside ( Post Mastectomy Enchancement breast Padding) sebagai pelengkap bra mastectomy diperlukan Padding khusus yaitu pengganti payudara palsu yang lebih dikenal dengan sebutan Prothesis. Dan Sorella akan segera mengeluarkan Prothesis Silikon sebagai bentuk kepedulian Sorella memenuhi permintaan dari para survivor Breast Cancer tahun lalu di bali.

Acara yang super seru sekaligus bermanfaat ini berlangsung kurang lebih 3 jam dan ditutup dengan makan-makan enak tepi pantai, ahay~ termasuk foto-foto tentunya. Oiya gak ketinggalan juga penutupan seru dengan bagi-bagi doorprize dari Sorella.

Seru dan Happy banget bisa menjadi bagian dari Kampanye #SorellaInnerBeauty ini. Semoga saya juga dapat menebar kebaikan melalui coretan-coretan di blog post kali ini. Semoga kita semakin paham dan mengerti, serta rutin lakukan SADARI.

 

Cheers,

 

 

icha

@annisaramalia

2 thoughts on “Yuk, Lakukan SADARI untuk deteksi dini Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.