Health · pregnancy · tooth fairy · Uncategorized

[PRENATAL TOOTH DEVELOPMENT] Jaga GIGI ANAK sejak awal kehamilan!!

Alhamdulillah tidak berhenti berucap syukur, saya dan suami menyambut kehamilan ke-3 saya saat ini yang telah memasuki usia 13-14 minggu.

Setelah kehilangan Kareem, saat usia kandungan 16 minggu, saya akhirnya “Positif lagii”, setelah KB selama 3 bulan pasca keguguran.

Nah, tulisan kali ini saya persembahkan untuk para moms, yang sedang mengandung anak pertamanya, keduanya dst. atau mom yang berencana untuk mengandung dan juga menjawab beberapa pertanyaan via DM di instagram “gimana sih dok biar gigi susu anak saya sehat?”

happy reading~

Sesuai judul, yak mom bukan orang pertama yang baru tahu bahwa gigi susu itu dibentuk saat tahap paling awal dari kehamilan. Mungkin di awal kita sibuk mengkonsumsi asam folat, DHA dan sejumlah nutrisi lainnya yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak dan jantung anak yang juga terjadi pada saat awal kehamilan.

Tapi ternyata yang kita butuhkan juga sejumlah mineral seperti kalsium, fosfat dan lainnya yang dapat mendukung pertumbuhan gigi susu anak, karena gigi susu mulai dibentuk sejak usia kandungan 6 minggu dan selesai pada usia 16 minggu lho mom.

“muntah-muntah pada awal kehamilan atau kadang disebut hiperemesis sering dihubungakan dengan tergangunya proses kalsifikasi pada email gigi anak, sehingga email gigi susu anak lemah, ini disebut enamel hypoplasia

facts: By the third week after conception the primitive mouth has formed. Over the next few weeks the tongue, jaws and palate develop. During the sixth week formation of formation of embryonic cells or tooth buds that eventually form into teeth commences. By eight weeks, the tooth buds of all of the primary (baby) teeth can be discerned; by twenty weeks, the tooth buds of permanent teeth start to develop.

yap betul, benih gigi permanen pun mulai dibentuk sejak usia kehamilan 20 minggu~

baca juga : Bagaimana pertumbuhan gigi susu anak disini

So, Kalau moms yang membaca ini sedang hamil, it is not too early to start thinking about how to make sure your child’s teeth are as healthy as possible!!!

Sama seperti hal lainnya, misal perkembangan fisik anak sebelum kelahiran, sangat bergantung pada “how well you take care of yourself“. Perkembangan gigi membutuhkan beberapa nutrisi penting agar dapat tumbuh dengan baik: so if you don’t get them through your diet, your baby won’t receive them either.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang dapat mengganggu pertumbuhan gigi anak dalam kandungan, misal beberapa antibiotics. (kalau orangtua pasien saya pasti pernah saya tanya “saat kehamilan gimana kondisi Ibu, makanannya gmn?asupannya apa sajaa, pernah sakit keras gak”

“ini beberapa nutrisi yang penting, dan apa saja yang harus dihindari”

Eat Right

Ini adalah beberapa nutrients yang secara spesifik penting untuk prenatal tooth development:

  • Calcium, pasti sudah tidak asing ya dengar ini, calcium adalah mineral yang menjadi komponen utama dari gigi. Jika tidak terdapat calcium yang cukup dari diet Ibu Hamil untuk mendukung perkembangan janin, tubuh kita sebenarnya akan mengambil (atau menggerogoti?) mineral ini dari tulang Ibu (bukan dari gigi Ibu lhooo yaaa) dan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan dari janin. “GOOD FOR YOUR BABY, NOT SO GOOD FOR YOU”  sumber makanan yang kaya akan kalsium seperti dairy foods seperti susu, keju dan yogurt. Dan juga dari sayuran seperti brocolli dan kale.

mitos: Ibu hamil pasti dan wajar giginya rontok, sakit gigi, atau bahkan copot.

fakta: hal ini terjadi, karena Ibu tidak menjaga kebersihan dan kesehatan gigi mulut sebelum kehamilan. karies yang sudah ada, dan tidak terawat, menjadi semakin parah keadaannya, saat asam lambung dan muntah2 terjadi semakin sering saat kehamilan.

karang gigi yang tidak bersih sebelum kehamilan, diperparah pembengkakan gusi karena hormonal saat kehamilan, membuat gusi mudah berdarah atau bahkan gigi ibu goyang.

  • Fosfat, mineral yang juga berkontribusi dalam kekuatan gigi. Ditemukan pada setiap sel-sel tubuh kita, dan juga pada banyak makanan- khususnya pada makanan kaya protein, seperti daging merah dan susu, sereal dan pasta. Dari semua mineral yang dibutuhkan gigi pada anak kamu, ini adalah nutrients yang paling mudah didapat.

  • Vitamin D, ini membantu tubuh menyerap dan mengikat CALSIUM dan FOSFAT. Sangat sedikit makanan yang mengandung vitamin D secara natural- tapi bisa ditemuka di minyak ikan, atau salmon dan tuna; Karena sulit didapan, kadang diformulasikan dengan ditambahkan pada beberapa produk susu dan makanan dan minuman lain (cek label pada kemasan).

  Kabar baik untuk kita yang tinggal dilingkungan tropis seperti indonesia, vitamin D juga diproduksi pada tubuh secara alamiah, saat kulit terpapar secara langsung pada matahari (notes:tidak tertutup sunblock lho ya). So, kadang menjadi bahan pertimbangan adalah efek negatif dari eksposur sinar matahari, seperti sinar UV A dan B yang dapat merusak, membuat kita terhambat dan sulit memenuhi kebutuhan vitamin D yang dibutuhkan tubuh plus bayi dalam kandungan. So diskusikan hal ini, pada dokter kandungan mu, agar mendapatkan vitamin D dalam bentuk supplements.

  • Protein, adalah substansi yang paling banyak ditemukan pada tubuh selain air. Ini bertanggung jawab untuk building, maintaining dan replacing jaringan pada tubuh. Yang menarik adalah, aktifitas dari sebuah protein tunggal, yang dapat menstimulasi terbentuknya kristal calsium-fosfat untuk membentuk enamel gigi selain tulang.

Seluruh protein dibentuk oleh asam amino,tapi asam amino tidak dapat diproduksi didalam tubuh dan harus masuk lewat makanan. Daging dan dairy product adalah sumber makanan yang kaya akan protein. So, konsumsi daging merah yang matang, ngemil yogurt dingin siang-siang, bisa jadi pilihan moms.

Seek Guidance on Dietary Supplementation & Medications

Jika moms merasa diet selama kehamilan kurang cukup pada beberapa nutrients penting. Paling baik, temui dan minta saran professional dari dokter kandungan Ibu atau dokter gigi, supplement apa yang kamu butuhkan.

while it’s unlikely you ever receive toooo muuchhh of givien nutrient from your diet, mengulang beberapa supplement yang sudah pernah dikonsumsi seperti vitamin D dan calcium juga bisa jadi pilihan lho.

baca juga: bagaimana menjaga kebersihan gigi anak disini

hmmm, panjang juga ya infonya. semoga gak jelimet dan mambantu ya informasinya untuk moms yang sedang hamil dan merencanakan kehamilan. feel free to share this post and comment down below, tips seputar kesehatan gigi mulut atau kehamilan apalagi yang moms butuhkan atau penasaran ya.

beberapa sumber untuk baca-baca moms:

www.babycenter.com

www.mayo-clinic.org

kidshealth.org

www.aapd.org

thank you for reading,

icha @annisaramalia

 

disclaimer: i was discussing with my obsgyn fellas while writing this article.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.