Parenting · Travel & Holiday · Uncategorized

[REVIEW] Cari Tempat Bukber di Bulan Ramadhan? Ke Gastromaquia Ajaa~

Halo moms,

Ga terasa ya bulan penuh berkah, bulan suci Ramadhan dateng lagi. Saya happy banget kalau sudah mendekati ramadhan, gimana engga, ini adalah bulan dimana semua umat muslim berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadahnya, karena pada bulan ini pahala yang diturunkan bukan main berlipat-lipatnya insha Alloh.

Selain ngomongin, pahala dan ibadah, bulan Ramadhan juga ditunggu-tunggu karena pasti jadi ajang silaturahmi. Percaya atau gak, ada lhoo teman-teman saya yang saking super sibuknya, kita cuma bisa ketemu dan meetup di bulan Ramadhan pas Buka Puasa Bersama (bukber).  Coba ngacung, siapa yang 2 minggu pertama Ramadhan udah penuh jadwal bukbernya????

Saya dan teman-teman juga sama banyak acaranya, ahahah, dari mulai mau bukber sama keluarga inti, sama keluarga besar, sama genk sma, genk kampus, teman kerja, atau bahkan reuni sama temen-temen SD berderet list perlu dibikin untuk ngatur jadwal bukber dengan teman-teman. Selain ajang kangen-kangenan, nuansa bukber bareng temen pasti beda deh.

Nah, jadwal udah, list teman-teman yang bisa datang sudah. Lalu milih tempat dong, pasti jaman sekarang tuh nyari tempat bukber pengennya pasti 1 deket daerah perkantoran, biar pulang kantor cusss langsung kesitu, menu makanan yang enak dan tempat yang cozy dan paling pentingggg instagramable. YA KAN YA KAN?

Long weekend beberapa waktu lalu, aku dan suami, berencana mengajak mertua sekeluarga untuk makan diluar. Nah, kebetulan aku dapat undangan dari Clozette ID dan juga Gastromaquia untuk mencoba menu Ramadhan mereka. Wah pas banget, jadi sekalian deh kita rame-rame kesana.

Satu hari sebelum waktu kedatangan, saya melakukan reservasi via telepon. Lalu, menu ramadhan dapat di order saat itu, agar ketika datang menu tersebut sudah dipersiapkan. Pihak gastro juga contactable via whatsapp, dan menurut saya saat itu cukup responsive menjawab setiap pertanyaan dan request menu yang saya ajukan.

Sesampainya saya dan keluarga di sana, situasi cukup ramai, dan kita semua langsung naik ke lantai 2. Dekorasinya khas sekali, nuansa putih, dengan terlihat beberapa kitchen utensils  digunakan jadi atribut dari setiap dekorasi. Mulai dari jam yang terbuat dari sendok dan peralatan dapur lainnya, lampu dari sendok, bunga-bunga dengan pot dari teko kecil, talenan dan banyak lagi.

IMG_2138IMG_2140IMG_2121IMG_2127IMG_2120

Sampai di meja ternyata, menu yang dipesan belum siap, jadi akan dipersiapkan dahulu. So, karena sudah jam 1 siang dan sudah lewat jam makan siang, daann kita kelaparan, akhirnya kita pesan beberapa appetizer dan main course yang sudah menjadi andalan di Gastromaquia. Untuk menu keluar kami menunggu sekitar 15-30 menit, mungkin karena saat itu juga sedang ramai pengunjung.

Ini-ini beberapa menu yang kita pesan diluar Menu Ramadhan,

So far menurut aku enak semuanya, apalagi untuk pasta dan salmonnya THE BESSTTT banget. Cuma untuk crispy squid nya terlalu kering dan jadi agak pahit dibagian tepungnya. untuk pasta sih Celina aja nambah lagi nambah lagi berdua si Eyang.

Kemudian selesai makan, sepertinya mereka lupa soal pesanan Menu Ramadhan, jadi saat itu saya ulang pesan lagi, dan menunggu sekitar 30 menit lebih lama lagi untuk Menu Ramadhan-nya keluar. Huuhu, sayang sekali, dan Menu nya keluar satu persatu lalu kemudian 15 menit setelahnya baru satu lagi, dan seterusnya. Padahal niatnya mau bikin foto flatlay keseluruhan dari menu yang dipesan. Tapi apa daya 🙁

Mungkin saran saya, di Bulan Ramadhan nanti, sudah ready untuk reservasi meja dan pesanan 30 menit sampai 1 jam sebelum waktu berbuka, agar tidak kelaparan menunggu Menu Ramadhan-nya muncul.

Okay sekarang saya akan review satu persatu Menu Ramadhan, yang saya coba dengan keluarga.

*** AGLIO OLIO WITH CRISPY CALAMARY

WhatsApp Image 2017-05-11 at 8.10.03 PM

Ini menu yang pertama keluar, dan enak banget. Calamarynya tasty dengan asin yang pas. Dan ada surprise beef bacon di setiap suapan (generous banget untuk beef baconnyachili flakes di tabur di pinggir piring sebagai hiasan, jadi kalau memang tidak suka pedas, tidak perlu di aduk. Beberapa aglio olio yang pernah aku coba, minyak banget karena olive oil yang tumpah ruah, hahah tapi buat menu ini, semua ingredient disaji dengan takaran yang pas, jadi bibir setelah makan ga jadi minyakan, dan ga perlu khawatir lipstick kamu luntur. (Ini penting hih)

Tapi sama seperti crispy calamary pada appetizer yang saya pesan sebelumnya, terlalu kering buat saya, mungkin karena namanya crispy  ya, tapi jadinya rasa dari tepungnya agak pahit.

Harga: Rp 68.000

Nilai : 4.5/5

***ARROZ NEGRO – SQUID INK PAELLA

WhatsApp Image 2017-05-11 at 8.11.25 PM

Ini menu kedua yang kami sekeluarga pesan dari Menu Ramadhan, namanya Arroz negro, menggambarkan hidangan ini nasi yang dimasak dengan kaldu based squid ink.  The price is quite pricey IMHO.

Menurut aku dan Celina yang pencinta seafood hidangan ini enak banget, ada taste dan aroma cumi yang cukup kuat, sehingga kurang cocok untuk ayah Celina yang ga terlalu into seafood.

Nasinya lembut ga benyek dan pas matengnya, udang dan cumi-cumi nya pas banget matengnya, lembut dan gak susah digigit, enaaaakkkk. Green pepper yang ada didalam hidangan ini juga ngasih taste sedikit pedas, jadi ga enek pas makan.

 i will highly recommended this one untuk para seafood lovers, tapi untuk yang not into seafoodmaybe you should try the other menus. 

Harga : Rp 95.000,-

Score: 4.0/5

***SEAFOOD FIDEUA

WhatsApp Image 2017-05-11 at 8.10.42 PM

Hidangan ketiga ini enaaakkk banget, namanya Seafood Fideua. Fideua ini sejenis pasta dari Spanyol, seperti angle hair, tapi dengan potongan pendek-pendek. Untuk harga yang sama pricey dengan hidangan sebelumnya, aku lebih favorit yang ini.

Fideua dimasak dengan seafood based paella, dengan bumbu yang agak manis pedas. The red pepper and tomatoes really brought it UP to the next level. Udang dan cumi-cuminya juga enak, tapi tidak se-tasty pasta dan agak hambar, jadi harus dimakan bersama pastanya.

Harga : Rp 95.000,-

Nilai: 4,5/5

***CALAMARY AND PRAWN WITH SALTED EGG YOLK SAUCE

WhatsApp Image 2017-05-11 at 8.11.08 PM

And guess what, this was the last menus that comes to our tables tapi abisnya cepet benerrrr. My Favorite so far. Harga yang paling terjangkau, tapi porsi nasinya pass, dan ga ketinggalan topping udang dan cuminya generous bangettt.

Bumbu telur asin emang ga pernah salah ya, enak banget, gak bikin eneg dan ga terlalu asin juga. Ada sedikit rasa pedas yang menambah cita rasa dari telur asin itu sendiri. Udang dan cuminya di masak dengan pas, kalau cumi tepung biasanya dalamnya hambar, nah untuk hidangan ini gak.

Selain itu, juga ada side dish berupa tumis buncis, aku ga nyobain karena abis dimakan ayahnya Celina, katanya sih enak.

Harga : Rp 58.000,-

Nilai: 4.8/5

***MINUMAN

Oiya, minuman yang recommended disini lumayan banyak dan enak-enak. Aku coba beberapa minuman mulai dari cappuccino  dan teh-tehan. Aku suka banget cappuccino nya berasa kopinya, ga cuma susu rasa cappuccino hahaha. Berhubung buka puasa pasti nyarinya teh, aku akan review teh nya aja ya.

***HOT EARL GREY TEA AND CHAMOMILE TEA

IMG_2096IMG_2069

Tehnya enak dan wangi, dan diseduh di dalem poci dan cangkir yang imut. Jangan sungkan untuk tambah air panas, karena tehnya masih bisa diseduh lagi sih. Gula yang disediakan hanya gula jagung, mungkin better if there’s other sugar option kayak gula aren atau gula pasir. Karena aku kurang suka manisnya gula jagung.

Chamomile tea nya relaxing, dan cocok untuk buka puasa buat yang gak biasa minum dingin.

**ICE LYCHEE TEA

IMG_2105

Tadi minuman hangat, sekarang teh yang dingin. Ada beberapa flavored ice tea, tapi emang gak dimana-mana aku senengnya lychee tea.  Lychee seger, dan teh nya juga tetap berasa ya. Cocok buat buka puasa untuk yang gak suka minum panas.

IMG_2065.JPG

WhatsApp Image 2017-05-11 at 8.10.48 PMIMG_2150

Me and my Family were so happy and kenyang banget, secara kita makannya dua ronde ya. Thank you Gastromaquia and Clozette Indonesia for having me.

For more info, please visit:

website : www.gastromaquia.com

instagram : @gastromaquia

alamat :  Jl. Ciniru I no. 1  Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12180, Indonesia

phone: +62 21 293 050 91

Cheers,

Icha @annisaramalia

disclosure : This is a project between Gastromaquia and Clozette Indonesia. I was sponsored in writing this review. All opinions are honest reviews and my very own self opinions.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *